Kedewasaan,,

Kata ini terasa sangat tidak asing mungkin bagi kita. Mungkin kita sudah mengerti dan mungkin pernah merasakannya. Tapi,, apakah kita mengerti,, apa yang dimaksud dengan kedewasaan ??
Mungkin,, bagi sebagian orang,, kedewasaan hanya ditandai dengan bertambahnya umur hingga usia yang dikatakan cukup. Serta,, berubahnya proporsi tubuh seseorang hingga lebih besar. Atau berkembangnya organ seksual seseorang dan mempunyai perasaan terhadap lawan jenisnya.

Tapi,, apakah ada yang mengerti, bahwa pandangan mereka tidak sepenuhnya benar. Memang, orang yang dewasa biasanya memiliki tubuh yang telah matang secara seksual dan juga ditandai dengan bertambahnya umur seseorang. Tapi, faktor terpenting dalam kedewasaan adalah bagaimana berubahnya pemikiran seseorang dimana seseorang lebih mengerti dan memikirkan matang-matang akan segala keputusan yang diambil. Orang yang dewasa, telah mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Dan orang yang dewasa adalah orang yang bisa menjadi tumpuan harapan seseorang. Dimana orang lain akan melihat dan mencontoh kita sebagai orang yang patut diteladani.

Lalu, kedewasaan adalah perkembangan, bukan pertumbuhan. Suatu saat, bisa saja terjadi kemunduran dalam kedewasaan. Tidak hanya terus mengalami kemajuan. Bisa saja, orang yang sudah berumur puluhan tahun tapi belum tentu telah Dewasa. Dan seorang anak bisa saja jadi dewasa diumur yang sangat dini. Dan saya telah menjadi saksi hidup dalam contoh ini.

Jadi, menurut saya, kedewasaan itu relatif, tergantung pada individu tersebut. Dan individu yang bijak takkan memusingkan orang-orang sekitarnya yang meremehkan kedewasaannya.

Calon Motivator Handal
Muhammed Aj


nb : anda lebih baik mengingat nama ini, karena nama ini akan menjadi sangat mengejutkan nantinya..
0 Responses